Sunday, June 04, 2006

IMAN - 1

Ibrani 11:1 "Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat".Jelas sekali bahwa ayat tersebut ditujukan kepada orang yang sudah lahir baru, atau dengan kata lain SUDAH MEMULAI HIDUP BARU DI DALAM ROH, tetapi masih harus menjalani kehidupan daging di dalam dunia yang fana ini. Sama seperti kondisi yang sekarang kita sedang jalani bukan ? Jadi ayat tersebut juga berlaku untuk kita. Ayat selanjutanya menceritakan tokoh2 alkitab di Perjanjian Lama, yang juga memiliki iman, dan karena iman tersebut, Allah memperhitungkannya sebagai kebenaran, dan mereka bisa mencapai apa yang Tuhan rencanakan dalam hidup mereka masing2.
Dan saya 100% percaya, hal yang sama juga masih berlaku sampai sekarang, lalu apa yang membuat mereka memiliki IMAN sedemikian dahsyatnya ? Kalau kita perhatikan, mereka masing2 memiliki hubungan yang akrab dengan Bapa, dan IMAN itu tumbuh karena mereka mendengar langsung dari Bapa. Mereka menerima secara langsung apa yang menjadi bagian mereka, mereka percaya, dan menjalaninya, itulah IMAN yang dahsyat yang mereka miliki. Apakah hal tersebut masih berlaku hingga saat ini ? Jawabannya : MASIH dan SANGAT BERLAKU. Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma, pasal 10 ayat 17 : "Jadi, Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus". Sama bukan ? pendengaran akan Firman Kristus itulah yang membuat kita bertumbuh.


Pendengaran Firman Kristus yang bagaimana yang bisa bikin iman kita bertumbuh ? Yang bisa bikin iman kita bertumbuh, adalah MENDENGAR FIRMAN KRISTUS YANG MEMANG MENJADI BAGIAN KITA SECARA LANGSUNG DARI SUMBERNYA. Coba perhatikan Ibrani 11 tsb, masing2 pahlawan Allah tsb bertumbuh dalam IMAN yang menjadi bagian mereka masing2. Demikian juga dengan kita ! Jadi iman bisa tumbuh, tidak hanya sekedar mendengarkan khotbah, entah itu di hari Minggu, atau di kaset, radio, persekutuan, Cell Group, dll. Tapi IMAN tumbuh karena FIRMAN YANG DIKATAKAN OLEH KRISTUS SENDIRI BUAT DIRI KITA. Kalau memang kita sedang mendengarkan khotbah hari Minggu, dan yang dibagikan itu adalah bagian kita, dan waktunya juga tepat, TUHAN pasti MENGATAKANNYA SECARA KHUSUS buat kita, ciri yang paling umum, spt ada lonjakan dari hati kita, dan Firman tsb menjadi sedemikian hidup.

Banyak anak2 Tuhan yang frustasi karena hal ini, mereka claim sudah BER-IMAN tapi koq ya tidak jadi kenyataan juga, termasuk saya sendiri, baru setelah dibukakan hal ini, saya jadi mengerti. Kita tidak bisa sembarangan claim sana sini, ber-iman sana sini, hasilnya malah kecewa.
Korelasi sangat kuat juga dengan perkataan Tuhan Yesus dalam Yohanes 15:7 "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya." Kesimpulan yg bisa kita ambil : IMAN LAHIR DARI HUBUNGAN YANG INTIM DENGAN KRISTUS, KARENA DENGAN HIDUP INTIM, TUHAN AKAN BERBICARA LANGSUNG KEPADA KITA, DARI SITU IMAN KITA BISA TUMBUH

Dalam ladangNya
Leo Agustinus Yuwono

0 Comments:

Post a Comment

<< Home