Sunday, June 04, 2006

IMAN - 3

Sungguh terpujilah Allah yang maha Kuasa, yang berkenan membukakan rahasia FirmanNya menurut kehendakNya yang sempurna Amin ! Satu lagi peneguhan bahwa IMAN adalah karya dari Roh Kudus, bukan karena usaha kita (menghapal, mengucapkan, mendengar khotbah, dll) "That your faith should not stand in the wisdom of men, but in the power of God" (1Kor 2:5 KJV).

"But ye shall receive power,after the Holy Ghost is come upon you, and ye shall be witnesses unto Me....." (Kis 1:8 KJV). Kata power atau kuasa di dua ayat tersebut menggunakan kata yang sama dalam bahasa Yunani : DUNAMIS. Jadi Roh Kudus selain memberikan kuasa dan kekuatan kepada kita untuk menjadi Saksi Kristus, juga MENGERJAKAN IMAN dalam hidup kita.

Alkitab versi Message menjelaskan dengan lebih menarik lagi untuk 1 Kor 2:5 => "Which made it clear that your life of faith is a response to God's Power, not to some fancy mental or emotional footwork by me or anyone else". Iman bukan timbul dari usaha kita, juga bukan dari fancy mental or emotional footwork, yang dimaksud fancy mental or emotional footwork itu termasuk apa yang sering kita sebut : "MENG-IMANI".

Ayat2 tersebut diatas meneguhkan apa yang saya dapat sebelumnya, bahwa IMAN timbul sebagai akibat dari kita mendengar secara langsung apa yang Tuhan ucapkan untuk kita, melalui Roh KudusNya / DUNAMIS, dan bahkan disini saya dibukakan lagi, langkah selanjutanya setelah mendengar secara langsung adalah RESPON dari kita terhadap DUNAMIS/Roh Kudus.

Dalam ladangNya
Leo Agustinus Yuwono

0 Comments:

Post a Comment

<< Home