Wednesday, June 07, 2006

HEART, JANTUNG ATAU HATI ?

Kita tentu sudah akrab dengan istilah HATI, yang sering kita gunakan untuk merujuk kepada manusia batiniah kita, atau roh kita, yang dalam bahasa Inggris menggunakan istilah HEART, yang artinya adalah jantung. Mengapa ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi HATI ? butuh penelitian yang seksama dan waktu yang panjang tentunya. Saya tidak akan membahas perbedaan istilah yang dipakai antara bahasa Indonesia & bahasa Inggris, tapi saya akan membahas lebih jauh mengapa dalam bahasa Inggris HEART dipakai untuk menunjuk manusia batiniah atau roh kita.

Alkitab ditulis dengan dua bahasa, Perjanjian Lama (PL) dengan Bahasa Ibrani (Hebrew), dan Perjanjian Baru (PB) dengan bahasa Yunani (Greek). Dalam PL, kata yang digunakan adalah Leb (labe) yang artinya adalah JANTUNG. Dalam PB kata yang digunakan adalah kardia (kardee'ah), yang artinya juga JANTUNG, dan merupakan akar dari istilah kedokteran untuk jantung : CARDIO. Sehingga dalam bahasa Inggris dipakailah istilah HEART (Serangan jantung dalam bahasa Inggris = HEART ATTACK). Jadi, manusia batiniah kita, atau roh kita, itu bersemayam di jantung kita. Saya percaya bukan sekedar kebetulan ketika Allah mewahyukan Alkitab, istilah yang digunakan untuk roh kita adalah JANTUNG/HEART, karena :

1. Jantung mengatur sirkulasi darah, yang adalah nyawa manusia. Dalam Imamat 17:11 dan Imamat 17:14 dikatakan bahwa "nyawa segala makhluk ada di dalam darahnya".
2. Jantung adalah organ pertama yang terbentuk selagi kita dalam kandungan. Saya mengetahui fakta ini, ketika istri saya tercinta sedang mengandung anak kami yang pertama, sebagai calon orang tua baru, kami tentunya sibuk dan extra hati2 dalam menjaga kandungan tsb. Salah satu usaha kami adalah mencari informasi sebanyak2nya mengenai kandungan, dan dalam buku yang kami baca, dalam minggu2 awal perkembangan embrio bayi, organ yang pertama kali terbentuk adalah JANTUNG. Foto USG bayi kami membuktikan lebih jauh lagi, ketika janin masih hanya berbentuk lingkaran, jantung sudah ada, dan mulai berdetak. Dan saya segera mengerti (Roh Kudus yang membukakan), bahwa memang Jantung adalah roh kita.

Sehingga, ketika kita lahir baru, dikatakan bahwa Tuhan Yesus masuk dan bertakhta di dalam HEART/JANTUNG kita, dan hal inilah yang membuat saya bersuka cita, karena Tuhan Yesus bertakhta di dalam JANTUNG kita, berarti nyawa kita juga berada di dalam kekuasaanNya, DIA yang mengatur aliran darah kita, ke setiap sel-sel yang ada di dalam tubuh kita. Jadi benarlah bahwa ketika kita lahir baru, segenap aspek kehidupan kita, adalah milikNya, diatur olehNya dan bagi kemuliaanNya !!!

Lalu apa yang terjadi ketika kita tidak benar2 menyerahkan hidup kita, tentunya secara rohani kita sudah mengetahui apa akibatnya, tapi secara medis, hal tersebut yang memicu terjadinya berbagai macam penyakit atau kelainan dalam tubuh kita, mulai dari serangan jantung, kanker, dll. Ini baru dugaan saya semata.

Dalam ladangNya
Leo Agustinus Yuwono

0 Comments:

Post a Comment

<< Home