Wednesday, August 16, 2006

KUK SIAPA YANG SEDANG ANDA KENAKAN ?

Galatia5:1
"Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan."

Haleluya ! KRISTUS telah memerdekakan kita dari Kuk penghambaan terhadap dosa !. Lalu setelah kita dimerdekakan apakah kita harus mengenakan kuk yang lain ? Jawabannya adalah YA ! Perlu sekali ! Dan Kuk yang harus kita pikul sebagai ganti kuk dosa adalah Kuk yang dari KRISTUS.


Tetapi kita perlu hati-hati dalam menerima kuk dalam perjalanan pertumbuhan rohani kita. Karena banyak sekali kuk-kuk yang sekilas mirip dengan Kuk yang dari KRISTUS, tetapi sebenarnya itu adalah kuk yang dibuat oleh manusia, dibungkus sedemikian rupa sehingga kelihatan mirip seperti Kuk yang dari KRISTUS. Orang-orang yang bisa melakukan hal tersebut adalah orang-orang yang memiliki otoritas rohani dalam gereja, saya tidak bermaksud untuk mengajak kita semua melawan otoritas, tetapi kita semua harus waspada, dimanapun kita menggabungkan diri dengan gereja lokal, kemungkinan itu selalu terbuka. Tuhan juga mengingatkan saya terus menerus untuk selalu waspada, dan kelak jika diberikan otoritas tidak jatuh dalam hal tersebut diatas.

Jadi bagaimana kita bisa membedakannya ? tidak ada cara lain selain kita membangun kepekaan kita kepada Tuhan secara pribadi, karena hanya KRISTUS lah yang BERHAK mengenakan kuk kepada kita, karena kita telah ditebus dengan darahNya, sehingga DIA memiliki HAK PENUH terhadap kita.


Matius 11:29-30
“Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Dan juga ijinkan saya dengan kasih Tuhan mengingatkan kita semua, terutama bagi kita yang dipercayakan untuk menjabat otoritas tertentu dalam tubuh KRISTUS (Gereja), dan ada jiwa-jiwa yang berada dibawah otoritas kita, tugas kita adalah membantu jiwa-jiwa tersebut untuk bisa menemukan Kuk yang dari KRISTUS untuk mereka masing-masing.
Orang-orang yang memiliki otoritas juga bisa dipakai oleh Tuhan sebagai kepanjangan tanganNya untuk “mengenakan” Kuk yang dari KRISTUS kepada jiwa-jiwa yang ada di bawah otoritasnya, tetapi sekali lagi kita perlu extra hati-hati, dan perlu sekali lagi check dan re-check pastikan bahwa Kuk yang akan kita berikan kepada jiwa2 tersebut adalah benar Kuk yang dari KRISTUS, bukan Kuk kombinasi, apalagi Kuk Ambisi pribadi !


Kuk Kombinasi adalah Kuk yang dari Kristus tetapi diberikan beban tambahan untuk memenuhi ambisi pribadi, target-target pribadi anda sendiri. Kuk yang demikian hanya akan menimbulkan luka bagi orang-orang yang mengenakannya. Kuk Ambisi Pribadi, adalah Kuk yang dibebankan kepada seseorang untuk memenuhi target dan ambisi pribadi anda sendiri, yang kelihatannya sangat baik, seperti : mengembangkan gereja, meningkatkan penginjilan, membangun networking, dllsb. Tetapi itu sebenarnya bukan kehendak KRISTUS. Dan kuk yang demikian juga tidak kalah destruktifnya dengan kuk kombinasi.


Jadi saudaraku, marilah kita kenakan, dan bantu orang lain untuk menemukan serta mengenakan Kuk yang murni, yang datangnya dari KRISTUS saja !


Dalam ladangNya
Leo Agustinus Yuwono

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home