Monday, June 26, 2006

Manusia Berusaha Tuhan Yang Menentukan ?

Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan. Sebuah pepatah yang sudah sangat populer ditengah-tengah kita, yang jika dijelaskan dalam bahasa yang lebih mudah : Manusia berusaha dan haruslah berusaha dengan segala yang dimilikinya (tenaga, intelektual, emosi, dll) setelah selesai atau bisa juga selagi manusia berusaha Tuhan akan menentukan, kalau Tuhan menyukai usaha manusia tersebut, maka usaha manusia tersebut akan membuahkan hasil, dan si manusia tersebut bisa mengambil kesimpulan : Tuhan berkehendak, dan berkenan terhadap usahanya. Tetapi jika tidak, maka usahanya akan menemui kegagalan, dan si manusia tersebut mengambil kesimpulan : Tuhan tidak berkenan. Kedengarannya sangat rohani bukan ? karena pada akhirnya kita serahkan kembali kepada Tuhan, biar Dia yang menentukan.

Tetapi bagi kita umat tebusanNya, saya mengingatkan kepada kita semua... HATI-HATI terhadap pepatah tersebut. Karena TUHAN menginginkan kita dari awalnya, bukan hanya pada saat-saat akhir. Tuhan mau kita melibatkan dia diseluruh aspek kehidupan kita DARI AWAL SAMPAI AKHIR.
Mazmur 37:23-24 "TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya".

Jelas bukan ? kerinduan hati TUHAN yang terdalam adalah setiap kita, anak-anakNya, umat tebusanNya mengijinkan dia menetapkan langkah-langkah hidup kita. Memang dalam menjalani langkah-langkah yang Tuhan tetapkan tidaklah mulus seperti jalan tol, akan ada halangan dan rintangan, juga ada saat dan waktunya dimana kita jatuh, tetapi kita tidak akan tergeletak dan dibiarkan hancur, TUHAN 100% bertanggung jawab, karena Dia yang menetapkan langkah-langkah hidup kita, dan Dia juga yang akan membuat kita mencapai tujuan hidup kita. Indah bukan ? Jika kita merencanakan hidup kita sendiri, kita sendiri dengan apa yang ada pada kita (tenaga, intelktual, uang, dll) yang bertanggung jawab terhadap jalan yang kita rencanakan dan kita tempuh.


Mari saudaraku semua, belum terlambat. Ijinkan mulai saat ini Tuhan menetapkan langkah-langkah hidup anda. Semua aspek dalam hidup anda (jodoh,masa depan,keuangan,dll) serahkan kepada Tuhan biarkan Dia yang membuat Master Plan kehidupan kita, tugas kita akan ringan, kuk kita akan ringan : TAAT SAJA. Jalani Master Plan yang sudah Dia buat, karena ada GARANSI PASTI BERHASIL, tentunya jika kita taat.


Dalam ladangNya

Leo Agustinus Yuwono

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home