Monday, June 26, 2006

Otak vs Roh

Shallom rekan-rekan semua, salam sejahtera dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus. Seperti biasa, saya ingin bagi-bagi makanan rohani, semoga bermanfaat bagi roh kita semua. Amin !

Sudah menjadi kebiasaan saya, dalam setiap business trip, saya selalu memantau aktivitas beberapa milis yang saya ikuti. Dan hari ini di milis Klub-Mobil yang saya ikuti, sedang hangat-hangatnya diberitakan, sebuah mobil yang hilang dicuri. Tentu saja berbagai macam komentar dilontarkan di forum tersebut, untuk menanggapinya, dari sekedar bersimpati, ingin tahu lebih detail mengenai kejadiannya, dan juga komentar2 yang berupa solusi untuk memecahkan masalah tsb, yaitu memasang alarm di mobil. Lalu ada komentar yang lebih mengejutkan lagi, ternyata yang hilang bukan hanya mobilnya, tetapi orang yang mengemudikannya juga ikut ilang. Solusi yang ditawarkan adalah, ganti alarm nya dengan yang canggih, yang memiliki fasilitas anti hi-jack (pembajakan).

Sebagai manusia, saya langsung mikir juga, perlu nggak ya saya pasang alarm model demikian ? karena istri saya lumayan sering mengendarai mobil itu seorang diri. Tapi dengan segera ada suatu jawaban yang lembut sekali (yang saya yakin ini adalah Roh Kudus) : "Memangnya kamu kurang yakin perlindunganKu ? Selama kamu taat berada dalam rencanaKu, maka Aku yang menjamin kamu termasuk keluargamu juga".
Langsung damai sejahtera yang melampaui segala akal mengalir deras dalam hati saya, dan seketika itu juga, kebimbangan akan keselamatan dan pertimbangan untuk membeli alarm paling canggih sirna begitu saja, berganti dengan rasa syukur yang melimpah, dan keinginan untuk membagikan pengalaman ini dengan rekan-rekan seiman.

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu dihadapkan kepada pilihan, dan harus mengambil keputusan atas pilihan itu. Keputusan yang tepat dan Solusi yang Sesuai Dengan kehendak Tuhan yang harus kita ambil dalam segala situasi dan kondisi. Untuk itu, sangat penting bagi kita semua untuk melatih kepekaan roh kita setiap hari, sehingga apapun yang kita putuskan, selalu atas dasar kehendakNya.

Kalau boleh saya bilang, "kodisi ideal" orang kristen jika dihadapkan pada masalah atau situasi yang menuntut kita untuk mengambil keputusan/solusi itu kira-kira demikian : pikiran dari orang tsb akan mencerna situasi dan kondisinya, dan berusaha untuk mencari solusi dan mengambil keputusan berdasarkan saran2, informasi2 yang ada dalam otaknya. Tetapi pada saat yang bersamaan roh dari orang tersebut berkonsultasi dengan Roh Kudus, mencari tahu solusi atau keputusan apa yang terbaik, yang sesuai dengan kehendakNya. Dan tentunya yang menang adalah rohnya, solusi dan keputusan yang diambil adalah yang didapat oleh roh orang tsb dari Roh Kudus sendiri, pikiran dan tubuh jasmani akan mentaati keputusan dari roh orang tersebut.

Hal diatas tidak datang secara instant, tetapi melalui proses dan ketaatan, ketekunan dalam setiap situasi yang tidak menyenangkan (daging) sekalipun, dan kemauan untuk bangkit dari setiap kegagalan yang kita alami dalam perjalanan hidup kita mengenal pribadiNya.

Dalam ladangNya
Leo Agustinus Yuwono

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home